Selamat Datang di anjingoke Selamat Datang di anjingoke

Profil APBT

Pit Bull Prayer

 

American BULLY

 

The American Pit Bull Terrier dibuat di awal 1800-an untuk berkelahi. APBT dibuat dan dirancang untuk menjadi gladiator tertangguh, sebelum sebagai sahabat terbaik manusia.

 

APBT dirancang memiliki kekuatan fisik dan stamina. Anjing ini diciptakan untuk menegakkan apa yang disebut "gameness". ini adalah kemampuan untuk tetap tegar ketika semuanya gagal.

 

Ini adalah keadaan mental yang membuat anjing ini mesin tempur utama. Anjing ini juga diciptakan untuk naluriah tidak pernah untuk mencelakai tangan manusia, bahkan dalam panasnya pertempuran. Mereka adalah atlet ideal dan pesaing, dan yang paling stabil dan bertoleransi tinggi pada manusia .

 

Akhirnya pertempuran olahraga anjing dilarang dan dianggap tidak manusiawi.Lalu trah ini belanjut dengan satu-satunya tujuan untuk menjadi sahabat manusia.

 

Melahirkan keturunan yang lain dari ini berkembang biak dengan tujuan untuk menjadi pesaing dalam pameran konformasi/anatomi. Trah ini mengadopsi nama, The American Staffordshire Terrier.

 

Itu diciptakan semata-mata dari American Pit Bull Terrier, tetapi dengan tujuan yang baru. Anjing ini akhirnya menjadi lebih besar , lebih kekar dan memiliki temperamen yang lebih mellow. The American Staffordshire Terrier adalah namanya. Keturunannya adalah sepupu kedua dari American Pit Bull Terrier.

 

Lalu Bulldog-Terrier dibawa ke AS bersama British dan Irish setter, terutama setelah Perang Saudara, di mana mereka tidak hanya digunakan sebagai anjing tarung, tetapi juga sebagai anjing berburu dan pertanian dan anjing penjaga.

 

Lebih dari satu dekade lalu  peternak memutuskan mereka ingin mengambil arah lain. Mereka dibesarkan untuk lebih berotot dan atletis dari American Pit Bull, tetapi ukuran dan massa dari "Am. Staf". Anjing ini tidak dibiakkan untuk menjadi seperti anjing agresif sebagai Pit, tapi tidak pasif sebagai Am Staff.

 

Mereka dibiakkan untuk kepribadian, karakter, energi, dorongan, stamina yang tak terbatas, dan stabilitas percaya diri. Mereka terlihat seperti atlet. Ini adalah awal dari sebuah generasi baru dan era baru "The American Bully".

 

 

Standar untuk Bully adalah tinggi sedang dan memiliki panjang tubuh yang sedang. Mereka seharusnya memiliki kepala lebih besar dan kotak. Moncong harus relatif pendek dan kotak. Dada mereka harus lebar dan dalam dengan ekspresi kekuasaan. Pundak harus  lebar dan  berotot.

 

Mereka harus tebal dan berotot. Trah ini harus mewakili kekuatan  dari kepala hingga ekor. Ketika Anda melihat anjing ini Anda harus langsung tahu bahwa itu adalah sebuah "American Bully".

Namun menurut pakar APBT Diane Jessup tidak sama , ia mengatakan :

Today's "imitation pit bull" otherwise known as "the blue whale", "short and wide", "low rider" or "American bullie". Man OR dog - If they have to try and look tough - they probably aren't...

Many novices are duped by breeders of poor quality animals who put a high price on them and call them rare. Examples are "giant", "short and low", "merle colored", "blue eyed", and "bully" dogs. These animals are not standard, are not representative of the historical pit bull, and generally have more health problems than correct, standard animals.

 

 

 

American Pit Bull Terrier

Menurut sejarah di Amerika Serikat, pada tahun 1898 Pit bull didaftarkan ke United Kennel Club (UKC) dengan nama American Pit Bull Terrier (APBT), lalu pada tahun 1909 APBT didaftarkan ke American Dog Breeder Association (ADBA) dan kemudian pada tahun 1939 di American Kennel Club (AKC) dengan nama Staffordshire Terrier. Pada tahun 1970 nama itu diubah menjadi American Staffordshire Terrier.

APBT dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980,awalnya yang datang ke Indonesia adalah APBT blacknose, dan pada tahun 1990 barulah didatangkan APBT rednose ke Indonesia. Setelah kedatangannya, APBT langsung merajai arena aduan melawan babi hutan dibanding anjing trah lainnya. APBT di Indonesia diakui oleh Asosiasi kennel Seluruh Indonesia (AKSI).

Lalu sekitar tahun 1997, saat situasi di Indonesia tidak aman karena berbagai hal seperti perampokan, penjarahan, kerusuhan , maka perkembangan APBT berjalan sangat baik, APBT digunakan sebagai anjing penjaga untuk rumah, toko, gudang, pabrik, hotel, karena APBT terbukti sangat tangguh dalam melawan penjahat bersenjata. APBT tidak mundur karena anjing ini dapat menahan rasa sakit (high pain tolerance) , tahan terhadap pukulan, dan bahkan peluru (bila tidak terkena organ vital) sehingga banyak perampokan maupun penjarahan yang digagalkan oleh APBT.

APBT dikenal dengan predikat the super dog karena kepintaran dan ketangguhannya. APBT memiliki sifat gameness / pantang menyerah, anjing ini akan melewati apapun yang menghadangnya demi mencapai suatu tujuannya, sehingga anjing ini sangat baik jika dipakai sebagai anjing penjaga.

Untuk menilai tingkat gameness, banyak pakar APBT yang mengatakan harus dengan pertarungan, namun juga banyak yang mengatakan cukup dengan pelatihan proteksi untuk melihatnya.

Sifat istimewa lainnya pada APBT adalah :

- Kestabilan mental : APBT memiliki temperamen yang tidak mudah marah, tidak agresif terhadap manusia. menurut suatu penelitian, APBT terbukti memiliki kestablinan mental jauh diatas rata-rata anjing jenis lainnya.Sehingga tidaklah heran jika APBT dapat bersahabat dengan hewan kecil seperti kucing, ayam.

-Kekuatan : APBT memiliki kekuatan yang luar biasa, itu terbukti dari prestasinya sebagai juara weight pulling/tarik beban. Bahkan seekor APBT dapat menarik sebuah mobil minibus.

- Kesetiaan, Tidak agresif dan sahabat setia : APBT terbukti tidak agresif terhadap manusia, sangat cinta anak-anak, dan setia terhadap pemiliknya. Didunia pelayanan, APBT terbukti handal dalam menjadi anjing penuntun orang buta, anjing terapi, dan lain - lain.

Selain kelebihan sifat, APBT juga memiliki kelebihan kemampuan seperti the locking jaw ( dengan rahangnya, APBT mampu menggigit dengan maksimal dan dapat mengunci sehingga sulit dibuka), untuk membukanya biasanya diperlukan tongkat (breaking stick), APBT memiliki tekanan gigitan lebih besar, yaitu 2000 pound per square, berdasar suatu uji coba, seekor herder umumnya hanya 400 PSI, Doberman dan Rotweiler 600 - 1200 PSI. APBT juga memiliki daya tahan tubuh yang tinggi, APBT umumnya adalah anjing yang perawatannya sangat mudah karena tidak pernah pilih makanan, memiliki bulu yang pendek dan jarang sakit.

 

STANDARISASI APBT :

- Penampilan : APBT adalah anjing berukuran sedang dan memiliki badan seperti petarung ( kekar, berotot) dengan karakter dinamis, periang , sehat, dan berani.

- Tinggi dan berat : tinggi APBT jantan :14 - 21 inch dan betina umumnya lebih kecil. Berat umum APBT dewasa sekitar 15 - 30 Kg.

- Warna : cokelat, merah, loreng (brindle), putih cokelat, hitam,dan lain lain

- Bulu : tipe bulu APBT adalah bulu pendek ( lurus dan tidak bergelombang).

- Kaki : bentuk kaki APBT lurus, tidak bengkok keluar (tidak berbentuk V atau X).

- Ekor : Ekor APBT harus besar dipangkal lalu meruncing ke ujungnya.  Ekor APBT tidak melengkung ke arah punggung, tidak boleh melebihi tumit belakang/ patah. Ekor APBT tidak dipotong, karena ekornya adalah alat keseimbangan.

- Kepala :  tengkorak kepala APBT harus lebar, dan moncong berbentuk kotak. Lebar kepala 2/3 dari lebar bahu anjing.

 

 

PITBULLKITA.com

Hubungi kami : 083895781985

Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it